Monday, August 31, 2015

Resep Membuat Tempe Bacem Yang Legit Dan Lezat

Tempe bacem merupakan panganan dari tempe yang bercita rasa manis legit, yang diolah dengan cara di rendam dalam air gula merah dan bumbu rempah pilihan sehingga tempe menjadi lebih awet. Tempe adalah makanan tradisonal yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu di Indonesia, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa. Harganya sangat bersahabat untuk masyarakat menengah  ke bawah, selain itu tempe adalah makanan yang memiliki kandungan gizi cukup banyak diantaranya, tempe berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan, kerut-kerut tipis pada wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung isoflavon dari kedelai seperti tempe tampak berkurang. Dengan mengkonsumsi tempe secara teratur juga dapat menjaga kesehatan kulit dari efek sinar ultraviolet . Nah ..! untuk manfaat yang satu ini cocok sekali untuk para perempuan,  ternyata untuk merawat kulit tidak perlu mengelurkan biaya banyak bukan?

Tempe adalah makanan favorit yang banyak disukai, dari anak kecil sampai orang dewasa, karena rasa tempe yang sangat enak. Tempe dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, salah satunya adalah “Tempe Bacem Legit dan Lezat”. Bumbu bacem merupakan masakan khas nusantara yang enak dan sangat populer di beberapa daerah seperti Jawa, Jogja dan Sunda. Untuk anda penggemar masakan manis, tempe bacem cocok sekali untuk memanjakan lidah anda. Tidak susah untuk mendapatkannya, tempe bacem dapat dijumpai dimana-mana, mulai dari warteg sampai restoran bintang lima. Tapi kalau anda ingin membuatnya sendiri di dapur rumah anda, ikuti panduan resepnya dibawah ini yang saya bagi untuk anda.

Resep Tempe Bacem Legit Dan Lezat

Tempe Bacem Legit Dan Lezat


Bahan-bahan :

•  1 papan tempe ukuran besar (potong-potong, bisa dibentuk kotak, dadu atau menyamping)
•  ½ ltr air kelapa
•  ½ sendok teh asam jawa
•  2 lembar daun salam
•  1 batang serai, memarkan
•  1 ruas lengkuas, memarkan

Bumbu halus :

•  3 sendok makan gula merah
•  4 siung bawang merah
•  3 siung bawang putih
•  2 butir kemiri
•  1 sendok teh ketumbar
•  1 sendok teh garam (bisa ditambahkan/dikurangi sesuai selera)

 Cara membuat :
  1. Pertama siapkan penggorengan atau wadah lain yang cukup besar, masukkan 1/2 liter air kelapa yang sudah disiapkan tadi, lalu masukkan bumbu halus dan bumbu lainnya seperti asam jawa , daun salam, serai dan lengkuas, aduk-aduk hingga rata .
  2. Setelah air kelapa dan bumbu  sudah tercampur rata, kemudian masukkan potongan tempe. Aduk sesekali dan  sebaiknya tempe bacemnya dibalik  agar semua bumbu meresap secara merata ke dalam tempe. Tunggu hingga semua airnya menyusut dan habis terserap oleh tempe .
  3. Angkat baceman tempe jika sudah matang dan bumbu meresap.
  4. Teman-teman dapat segera menggoreng tempe bacem agar lebih gurih atau dapat disimpan di lemari es, kalau di lain waktu ingin makan tempe bacem tinggal ambil lalu goreng.

Demikian resep tempe bacem yang legit dan lezat, pasti teman-teman ingin sekali mencobanya kan ...! Tempe bacem bisa disajikan dengan sambal, pasti rasanya akan semakin nikmat dan yummy. Oh ya, baca juga Resep Steak Tempe yang tidak kalah enaknya.