Wednesday, October 21, 2015

Resep Membuat Es Buto Ijo Khas Kediri Minuman Segar Dingin Paling Enak

Es Buto Ijo merupakan minuman khas kota Kediri yang sekarang ini sudah banyak warung atau kedai minuman yang menawarkan minuman suuuegeerr ini di kotaku. Tau gak guys ! waktu untuk pertama kalinya Es Buto Ijo ini ada di kotaku, Wuuiihh.. pembelinya langsung banyak banget, semua pada nyerbu pingin membelinya, sampai ngantri panjang gitu, apalagi pas Bulan Ramadhan, yang jualan sampai kewalahan. Eeh.. yang kepo juga banyak, es buto ijo, es apaan? Namanya kok serem gitu, emang ada buto dibikin jadi es, he.. he.. begitu pada tau, ternyata es ini sebenarnya hampir sama seperti es campur lain, cuma bedanya es campur yang satu ini  memiliki warna hijau muda yang segar, mungkin karena warna ijo itu kali ya.. jadi es ini dinamai es buto ijo. Menilik rasanya sih maknyuus dan seger banget pastinya. Campuran kacang hijau, kelapa muda, nata de coco, kolang kaling, dan sagu mutiara sebagai isinya dengan siraman susu kental manis dan sirup lemon.diatasnya , pokoknya rasanya  mantaapp!. Es buto ijo selain sebagai penghilang dahaga juga minuman yang menyehatkan, karena menggunakan kacang hijau sebagai campuran untuk isinya. Kacang hijau adalah salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan serta mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, selain sebagai sumebr mineral juga kaya akan vitamin, protein, serat dan kaya akan omega-3.

Es buto ijo adalah minuman segar favorit keluargaku. Untuk membuatnya cukup mudah kok! Lebih enak kalau kita membuatnya sendiri dirumah, selain lebih terjaga kebersihannya kita juga terhindar dari pemanis buatan yang sekarang lagi marak di pakai oleh penjual makanan. Dengan membuat sendiri, bahan-bahan untuk membuat es buto ijo kan lumayan banyak nih! Kita bisa menyimpannya di kulkas letakkan dalam wadah tertutup, jadi kita bisa membuatnya kapan saja tanpa harus keluar rumah. Ok, berikut ini  Resep Membuat Es Buto Ijo Khas Kediri  hanya untuk anda.


Resep Membuat Es Buto Ijo Khas Kediri Minuman Segar Paling Enak


Resep Membuat Es Buto Ijo Khas Kediri Minuman Segar Dingin Paling Enak



Bahan-bahan :
  • 1.000 gram es serut
  • 75 ml susu kental manis putih
  • 150 ml sirup melon
  • 100 gram kacang hijau, rebus sampai matang
  • 25 gram sagu mutiara, rebus hingga bening.
  • 150 gram kolang kaling, rebus lalu potong-potong.
  • 150 gram kelapa muda, kerok lebar
  • 100 gram nata de coco
  • 1 sendok makan selasih, direndam dalam air sampai mengapung, ditiriskan.

Cara membuat :
  1. Siapkan mangkuk saji, masukkan kacang hijau, kelapa muda, kolang kaling, sagu mutiara, selasih dan nata de coco. Aduk rata.
  2. kemudian tambahkan es serut ke dalam mangkuk. Kalau Es buto ijo yang dijual di kedai, es serutnya dicetak dengan mangkuk sehingga membentuk lingkaran.
  3. Setelah itu guyur dengan susu kental manis dan sirup melon. Es buto ijo siap untuk dinikmati.
Dibawah ini ada Tips merebus sagu mutiara dan kolang-kaling, agar es buto ijo yang akan anda buat nanti menjadi lebih sempurna :

Tips merebus sagu mutiara:
  • Didihkan air kemudian masukkan mutiara , rebus hingga bening, angkat dan dinginkan
  • Agar sagu mutiara tidak hancur, jangan dicuci sebelum air siap dan telah mendidih.
  • Ketika mencuci mutiara jangan terlalu lama terendam air.
  • Sebelum dimasukkan ke air yang mendidih tadi, sagu mutiara cukup disiram dengan air dua kali.
Tips merebus kolang-kaling:
  • Pilihlah kolang kaling yang masih berwarna jernih , tidak berlendir, rasanya netral dan tidak bau asam.
  • Untuk menghilangkan lendir kolang-kaling, cuci bersih kolang-kaling beberapa kali dengan air bersih, lalu tiriskan.
  • Terkadang kolang-kaling yang kita beli baunya agak asam, coba rendam kolang-kaling dengan air bekas cucian beras sekitar 1 – 2 jam, setelah itu bilas dengan air bersih hingga kesat.
  • Agar kolang-kaling empuk dan beraroma wangi, rebus kolang-kaling dengan daun pandan dan daun jeruk purut.
Yaa.. seperti itu cara membuatnya, Es Buto Ijo enak sekali dinikmati pas cuaca lagi panas, Serupuuut…es buto ijo, Hmm..langsung fresh. Teman-teman bisa juga baca  Resep Kue Putri Salju Yang Enak dan Renyah untuk camilan kala bersantai dengan keluarga di rumah. Semoga sukses dan terima kasih.