Thursday, October 22, 2015

Resep Minuman Panas Sekoteng Wedang Jahe Nikmat Dan Mudah

Sekoteng wedang jahe adalah minuman asli Jawa Tengah, yang mempunyai kemiripan dengan ronde, bahan-bahan pembuat kuahnya pun hampir mirip. Yang membuat beda adalah isinya. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan memikul gerobak, satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng. Penjual sekoteng biasanya mengetuk gelas dengan sendok sebagai pertanda kehadirannya. Sekoteng mempunyai cita rasa yang khas. Minuman ini rasa jahenya berasa banget, jadi selain enak sekoteng juga berkhasiat tinggi karena menggunakan jahe sebagai rempah pilihan untuk meraciknya. Manfaat jahe sendiri sungguh menakjubkan, jahe bisa untuk melancarkan peredaran darah, bersifat anti alergi, pereda rasa sakit alami dan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Tidak sampai disitu saja untuk kaum hawa manfaat jahe juga luar biasa, diantaranya mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur, sebagai obat jerawat, juga bisa untuk menghilangkan ketombe.

Ketika cuaca dingin mulai menyerang, yang paling pas dilawan dengan menikmati minuman panas. Yaa..akhir-akhir ini udara di sekitarku terasa sangat dingin, apalagi malam hari. Ditambah lagi curah hujan yang cukup tinggi, hadeeuuh...  rasanya nyeeess … sampai ke dalam kulit. Maklumlah rumahku memang tidak jauh dari gunung, seperti tinggal di villa gitu, he.. he.. Yaa.. meskipun tinggal di Desa yang penting ndak ndeso. Seperti yang akan saya share kali ini Resep Minuman Panas Sekoteng Wedang Jahe. Minuman yang biasanya dihidangkan panas ini bisa jadi pilihan lezat untuk menghangatkan tubuh. 

Cara membuat minuman panas sekoteng wedang jahe mudah kok! Gak percaya! Coba aja bikin sendiri dirumah. Gak bakalan nyesel deh! Ayoo… ikuti resepnya dibawah ini.

Resep Minuman Panas Sekoteng Wedang Jahe Nikmat Dan Mudah

Resep Minuman Panas Sekoteng Wedang Jahe Nikmat Dan Mudah

Bahan untuk wedang jahe :
  • 1000 ml air
  • 100 gram jahe, bakar lalu geprek
  • 3 cm kayu manis
  • 2 lembar daun pandan, simpul
  • 200 gram gula pasir
Bahan untuk isi :
  • 100 gram kacang hijau, rebus hingga matang
  • 50 gram kacang tanah kupas, sangrai hingga matang75 gram kolang kaling, rebus lalu potong-potong
  • 50 gram sagu mutiara, rebus hingga bening lalu cuci dengan air mengalir, tiriskan
  • 4 lembar roti tawar, potong dadu
Cara membuat :
  1. Campur semua bahan wedang jahe kemudian rebus hingga mendidih. Kecilkan api dan biarkan tetap panas, sampai waktu dihidangkan.
  2. Tata kacang hijau, kolang kaling, sagu mutiara dan roti tawar dalam mangkuk saji.
  3. Tuang wedang jahe panas ke dalam mangkuk lalu taburi dengan kacang tanah. Siap disajikan.
Seperti itu tadi Resep membuat Minuman Panas Sekoteng Wedang Jahe. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Coba juga Resep yang sudah saya ulas sebelumnya Resep Membuat Es Buto Ijo Khas Kediri Minuman Segar Dingin Paling Enak. Terima kasih.